Arti Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Dan Apa Perbedaan Dari Keduanya

Assalamualaikum.
Kali ini saya akan menjelaskan perbedaan Matematika dan ilmu pengetahuan kenapa saya menjelaskan ini karena sering sekali orang-orang salah dalam mengertikan apa itu  itu matematika dan apa itu ilmu pengetahuan dan apakah matematika itu termasuk ilmu?. Selain itu saya akan menjelaskan, apakah matematika itu ilmu pasti? Kenapa saya menjelaskan ini juga karena juga banyak orang salah dalam memandang matematika.

MATEMATIKA adalah hasil pemikiran atau penalaran seorang manusia. Jadi matematika itu tidak akan berubah dari jazan dahulu sampai saat ini matematika ya seperti itu dengan rumus-rumusnya  dll akan tetap. Lalu ada pertanyaan bagaimana  jika seseorag misalkan  menemukan teori bilangan, sebenarnya itu tidak merubah teori bilangan tersebut  melainkan jika ada orang menemukan  itu mengembangkan sedang teori yang lama tetap dipakai.

ILMU PENGETAHUAN adalah ilmu yang diperoleh melalui kajian ilmiah.
Untuk sifat dari ilmu pengetahuan itu salah satunya adalah selalu berkembang, maka dari itu akan selalu ada penemuan-penemuan baru, contohnya kalian masih ingat dengan teorinya  Charles Darwin yang terkenal dan dulu dipeljari dibangku sekolah yaitu Derwin beranggapan bahwa semua makhluk berasal dari kera secara bertahap melalu proses kemudian jadilah manusia. Akan tetapi teori tersebut dibantah oleh Harun Yahya dengan menerbitkan bukunya yang berjudul THE ATLAS OF CREATION.

Dengan terbitnya buku ini Harun Yahya menjadi terkenal, Harun Yahya menjelaskan diantaranya bahwa makhluk hidup tidak mungkin berubah, seleksi alam itu adalah kaidah yang berlaku namun tidak akan akan menghasilkan spesies yang baru. Dan dengan pembanthan dari Harun Yahya ini Teori Darwin saat ini tidak berlaku.

Oleh kerena itu jelas sekali bahwa matematika itu bukan ilmu pengetahuan karena arti dari ilmu pengetahun itu sendiri adalah ilmu yang diperoleh melalui kajian ilmiah. Sedang matematika adalah hasil pemikiran atau penalaran seorang manusia. Dengan penjelasan diatas terjawab juga mengapa di SMA jurusan matematika ada tersendri tidak dimasukkan ke jurusan  ilmu pengetahun alam (IPA), jawabannya karena matematika dan ilmu pengetahuan alam itu berbeda.

Selanjutnya banyak sekali orang mengatakan bahwa matematika itu ilmu pasti, padahal matematika itu bukan ilmu pasti akan tetapi matematika melahirkan
- ilmu pasti
- ilmu tidak pasti
Ilmu pasti itu ada di stokastik dan ilmu tidak pasti itu ada di Deterministik.


Terimakasih
Wassalamualikum.
0Comments

Previous Post Next Post