Syarat-Syarat Busana Muslimah

Syarat-Syarat Busana Muslimah

Apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk membuat sebuah busana muslim? Manakah yang harus didahulukan, memakai busana muslim atau mengetahui pengetahuan agama dan merealisasikannya terlebih dahulu?

Kita harus mengetahui bahwa segala perbuatan yang kita lakukan sebagai bagian dari ketaatan kepada Allah dan semuanya pasti akan mendapat pahala. Seandainya perbuatan tersebut tidak kita lakukan, maka kita akan kehilangan pahalanya. Semua perbuatan maksiat yang kita lakukan akan dibalas dengan ganjaran dosa. Perlu diingat bahwa Allah tidak akan menghitung amal perbuatan kita dalam satu waktu secara sekaligus. Maka, perintah-perintah agama akan dihitung satu per satu dan salah satunya adalah bagaimana cara kita dalam mempergunakan busana muslim.

Adapun syarat-syarat yang harus ada dalam busana muslim adalah sebagai berikut:

  • Dapat menutupi seluruh anggota badan selain yang telah dikecualikan oleh agama, seperti wajah dan telapak tangan
  • Jangan dijadikan sebagai sarana untuk menghiasi tubuhnya
  • Busana tersebut harus tebal dan tidak tipis
  • Seharusnya, busana yang akan dikenakan tadi lebar dan tidak sempit
  • Jangan sampai mempergunakan parfum atau pewangi pada busana yang akan dikenakan tersebut
  • Busana tersebut jangan sampai menyerupai pakaian pria
  • Busana tersebut jangan menyerupai busana yang sering dipergunakan oleh perempuan-perempuan kafir
  • Jangan sampai busana yang dikenakannya dijadikan sebagai alat untuk mencari popularitas

HR. Bukhari (hadis ke-5090), dari Abu Hurairah ra, dari Nabi Muhammad saw. ia berkata: "Seorang perempuan dinikahi karena empat perkara: karena kecantikannya, kekayaannya, nasabnya, dan agamanya. Maka, pilihlah yang lebih kuat agamanya, niscaya kamu akan beruntung”.

Hal tersebut sesuai dengan firman Allah: "Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Al Ahzaab:59).

Comments