Gerakan Sekolah Menyenangkan (SGM) SMP Negeri 2 Sleman DIY Dikunjungi Mentri Pendidikan Australia

Gerakan Sekolah Menyenangkan SGM

Menteri Pendidikan Australia, James Anthony Merlino berkunjung ke SMP Negeri 2 Sleman  DIY lantaran Gerakan Sekolah Menyenagkan (SGM) beliau mengatakan bahwa mengetahui Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) dari media sosial sehingga beliau tertarik untuk berkunjung.

Kedatangan beliau disambut dengan tarian oleh siswa-siswa SMP Negeri 2 Sleman, beliau beserta rombongannya ikut menari bersama kemudian beliau berkeliling dan masuk kesalah satu kelas disitu beliau melihat kegiatan-kegiantan siswa, banyak sekali kegiatan-kegiatan mulai mengaji bersama, membuat kerajinan batik dll.

Didalam kelas terdapat banyak sekali hiasan-hiasan didinding dan tulisan-tulisa karya siswa, membuat siswa nyaman dengan suasana kelasnya. Kegiatan belajar mengajarpun menjadi sangat menyenagkan dengan menggunakan berbagai media yang menarik sehingga siswa cepat faham. Gerakan  Sekolah Menyenangkan ini sangat bagus  membuat siswa merasa senang, bahagia  dan tidak bosen untuk bersekolah, sehingga siswa lebih bersemangat dalam belajar.

Seharusnya ini menjadi contoh bagi sekolah lain bahwa mendidik siswa yang baik adalah dengan menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan sehingga dalam belajar siswa tidak merasakan ketertekanan dalam belajar. Sedangkan yang kita jumpai selama ini siswa banyak mengeluh dan tertekan  lantaran tugas-tugas yang banyak, pelajaran yang menuton  suasana kelaspun menjadi tidak dirindukan oleh siswa dengan suasana kelas yang tidak dirindukan oleh siswa ini membuat siswa malas belajar, kinerja otakpun tidak maksimal karna sebelum belajar diotak mereka sudah tertanam "wah bakalan membosankan ini, wah pelajarannya susah, wah gurunya bikin ngantuk, wah banyak tugas tapi tidak faham dll". hal inilah siswa tidak bisa berkembang sehingga penerus bangsa menjadi tidak berkualitas.
Comments