Tata Cara Mandi Setelah Haid

Tata Cara Mandi Setelah Haid

Haid adalah salah satu najis yg menghalangi kita (wanita) untuk melaksanakan ibadah sholat dan puasa, maka setelah selesai haid kita harus bersuci dengan cara yg lebih dikenal sebutan mandi haid.

Lalu bagaimana sih cara mandi junub atau janabah yg dilakukan Rasulullah?

1. Niat

Segala amal itu tergantung pada niatnya, makanya harus niat. Karna yg membedakan mandi-mandi yg lain yaitu dari niatnya. Niat boleh diucapkan boleh juga didalam hati.

2. Membasuh tangan tiga kali.

Telapak tangan dibasuh sebanyak 3 kali seperti ketika mau wudhu ya gais.

3. Membersihkan kemaluan (farji) dengan tangan kiri, terus jangan lupa cuci tangan setelahnya. Karena penyebab mandi wajib ini adalah hadas besar yg berasal dari kemaluan, maka kita harus bersihin kemaluannya sampe bersih.

4. Wudhu sebelum mandi

Tujuannya biar sela-sela terkecilnya terkena air juga seluruhnya.

5. Mengambil air dan diratakan sampai semua kulit kepala rata dengan air. Ini sampai semua kulit kepala terkena air ya.

6. Siram kepala keseluruhan lalu jangan lupa seluruh tubuhnya terkena air semua ya.. pokoknya seluruh bagian badan terkena air semua.

Sampaikanlah ilmu ini kepada teman wanita muslimah, jika mereka mengamalkan kamu sebagai pengirim akan mendapat pahalanya sampai hari kiamat. Jgn malu share ilmu!.

Dari Aisyah radhiallahu anha :

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَغْتَسِلُ وَيُصَلِّي الرَّكْعَتَيْنِ وَصَلاَةَ الْغَدَاةِ وَلاَ أَرَاهُ يُحْدِثُ وُضُوْءًا بَعْدَ الْغُسْلِ
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mandi, lalu shalat dua raka'at, dan saya tidak melihat beliau berwudhu lagi setelah mandi
(HR. Abu Dawud, no.259 dan Ahmad, 6/119 dengan sanad shahih)

Imam An Nawawi menjelaskan bahwa :

Para ulama madzhab As Syafi'i bahwa jika seseorang sedang junub (berhadats besar) lalu dalam waktu yang bersamaan dia juga sedang berhadats kecil, maka dalam hal ini tidak butuh wudhu lagi setelah mandi, cukup dengan mandi itu sendiri, alasannya karena dengan mandi secara otomatis seluruh anggota wudhu juga sudah di lalui air. (Kitab Al Majmu, jilid 2, halaman 189 - 191)

Comments