Adab Sebelum dan Sesudah Tidur sesuai Sunnah

Adab Sebelum dan Sesudah Tidur sesuai Sunnah

Dalam sehari kita paling sedikit tidur berapa jam sih ? kira-kira 5-8jam atau malah lebih ya ? kita diberi jatah waktu satu hari 24 jam/hari sama Allah artinya 1/3 waktu yang kita gunain untuk tidur kira-kira tidur yang seperti apa ya yang bisa bernilai ibadah sama Allah ?

Islam itu agama yang sangat-sangat sempurna , semua yang kita lakukan bisa bernilai ibadah jika yang kita lakukan sesuai dengan pedoman yang sudah Rasulullah ajarkan. Dengan hanya berniat kebaikan pun kita sudah mendapatkan pahala apalagi sampai melaksanakannya.

Tidur agar tidak sia-sia dan mimpi buruk alangkah baiknya yuk di baca adab sebelum dan sesudah tidur (saat bangun).

Adab MAU Tidur

1. Dianjurkan Berintrospeksi Diri Sebelum Tidur

Mengingat segala perbuatan yang telah ia lakukan di siang hari. Lalu jika ia dapatkan perbuatannya baik maka hendaknya memuji kepada Allah Subhannahu wa Ta'ala dan jika sebaliknya maka hendaknya segera memohon ampunan-Nya, kembali dan bertobat kepada-Nya.

2. Berwudhu Sebelum Tidur

Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710)

3. Mengibaskan Tempat Tidur Sebelum Tidur sambil mengucapkan "bismillah"

"Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan 'bismillah', karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi." (HR. Al Bukhari No. 6320, Muslim No. 2714, At-Tirmidzi No. 3401 dan Abu Dawud No. 5050).

4. Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu

5. Membaca Do’a Sebelum Tidur

ُبِاسْمِكَ الَّلهُمَّ اَحْيَا وَبِاسْمِكَ اَمُوْت
"Bismikaallahumma ahya wa bismika wa amuut".

Yang artinya : Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku mati dan aku hidup.

6. Apabila Gelisah

Apabila merasa gelisah, risau, merasa takut ketika tidur malam atau merasa kesepian maka dianjurkan sekali baginya untuk berdoa sebagai berikut:

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقَابِهِ، وَشَرِّ عِبَادِهِ، وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنَ
"A’udzu bikalimaatillahi attammati min ghadhabihi wa 'iqaabihi wa syarri 'ibaadihi wa min hamazaatisysyayaathiin wa ayyahdhuruun."

Yang artinya "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, dari kejahatan hamba-hamba-Nya, dari godaan para syaitan dan dari kedatangan mereka kepadaku." (HR. Abu Dawud No. 3893, At-Tirmidzi No. 3528 dan lainnya).

7. Tidak Boleh Telanjang

Tidak diperbolehkan tidur hanya dengan memakai selimut, tanpa memakai busana apa-apa”. (HR. Muslim).

8. Sesama Jenis Kelamin, Dilarang Tidur Satu Selimut

Tidak diperbolehkan bagi laki-laki tidur berdua (begitu juga wanita) dalam satu selimut”. (HR. Muslim)

9. Makruh tidur tengkurap

Wahai Junaidab (panggilan Abu Dzar), sesungguhnya berbaring seperti ini (tengkurap) adalah cara berbaringnya penghuni neraka. (H.R. Ibnu Majah dan dinilai shahih oleh Al-Albani)

10. Makruh tidur di atas atap terbuka

Barangsiapa yang tidur malam di atas atap rumah yang tidak ada penutupnya, maka hilanglah jaminan darinya. (HR. Al-Bukhari di dalam al-Adab al-Mufrad, dan dinilai shahih oleh Al-Albani)

11. Menutup pintu, jendela dan memadamkan api dan lampu sebelum tidur

Padamkanlah lampu di malam hari apa bila kamu akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman


Adab BANGUN Tidur

1. Membaca doa bangun dari tidur dan memperbanyak dzikir

Dianjurkan ketika bangun tidur untuk membaca doa berikut:

الحمد للهِ الذي أحيانا بعد ما أماتنا وإليه النشورُ
"Alhamdulillahilladzi ahyaana ba’damaa amaatana wa ilaihin nusyuur"

(Segala puji bagi Allah yang menghidupkanku dan mematikanku dan kepadaNya lah kita dikembalikan)” (HR. Bukhari no. 6325, Muslim no. 2711).

2. Disunnahkan mengusap Wajah dengan Tangan setelah Bangun

Berdasarkan hadits berikut : "Maka bangunlah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dari tidurnya kemudian duduk sambil mengusap wajah dengan tangannya." [HR. Muslim No. 763 (182)].

3. Jika Bermimpi Buruk

Jika bermimpi buruk, jangan sekali-kali menceritakannya pada siapapun, kemudian meludah ke kiri tiga kali (diriwayatkan Muslim IV/1772), dan memohon perlindungan kepada Alloh dari godaan syaitan yang terkutuk dan dari keburukan mimpi yang dilihat. (Itu dilakukan sebanyak tiga kali) (diriwayatkan Muslim IV/1772-1773). Hendaknya berpindah posisi tidurnya dari sisi sebelumnya. (diriwayatkan Muslim IV/1773). Atau bangun dan shalat bila mau. (diriwayatkan Muslim IV/1773).

4. Bersiwak Setelah Bangun

Berdasarkan hadits berikut : "Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bangun malam membersihkan mulutnya dengan bersiwak." (HR. Al Bukhari No. 245 dan Muslim No. 255).

5. Ber-istinsyaq dan ber-istintsaar

Ber-istinsyaq dan ber-istintsaar (menghirup kemudian mengeluarkan atau menyemburkan air dari hidung). “Apabila salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, maka beristintsaarlah tiga kali karena sesunggguhnya syaitan bermalam di rongga hidungnya.” (HR. Bukhari No. 3295 dan Muslim No. 238).

6. Mencuci Kedua Tangan Tiga Kali

Mencuci kedua tangan tiga kali, berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: “Apabila salah seorang di antara kamu bangun tidur, janganlah ia memasukkan tangannya ke dalam bejana, sebelum ia mencucinya tiga kali.” (HR. Al-Bukhari No. 162 dan Muslim No.278).

7. Membasuh kaki.

Begitulah adab sebelum dan sesudah tidur sesuai sunnah. Semoga temen-temen bisa mengamalkannya. Selamat Tidur dan Mimpi Indah...