Cara Mengatasi Rambut Kering

Cara Mengatasi Rambut Kering

Rambut kering salah satu masalah yang sering kita hadapi , kalau sudah kering pasti terlihat kusam dan tidak sehat sedangkan kita menginginkan rambut hitam yang berkilau agar menunjang penampilan kita , banyak faktor yang menyebabkan rambut kering , yuu kita bahas jangan-jangan kita sering melakukannya

1. Hati-Hati jika ke salon rambut

Jika saat ini anda sering melakukan perawatan rambut di salon hindari penggunaan alat-alat salon yang dapat merusak rambut seperti hair dryer, pengeriting rambut, sasak, bahan kimia yang sering digunakan untuk masker rambut, dn lain-lain. Alat-alat tersbut harus dihindari karena alat tersebut menggunakan pemanasan suhu yang cukup tinggi dapat merusak perkembanagan dan pertumbuhan rambut sehingga rambut lebih mudah kering yang mengarah pada rambut mudah rontok. Anda harus mulai mencoba perawatan rambut rambut dengan tangan sendiri dan gunakanlah bahan-bahan alami yang ada disekitar kita, seperti yang disebutkan di atas.

2. Jangan mengikat rambut saat tidur

Jika anda mengikat rambut saat tidur, sebenarnya hal ini merupakan cara yang salah dan hanya akan menyiksa rambut, hal ini karena akar rambut tidak dapat bernapas dengan baik. Bebaskan rambut anda ketika tidur dan jangan mengikat rambut terlalu kencang. Hindari Juga mengikat rambut saat berkeringat. Hal ini bertujuan untuk menghindari rambut agar tidak bau, jika berkeringat biarkan sampai keringatnya hilang dulu

3. Jangan keramas setiap hari

Keramas setiap hari akan mengurangi minyak alami di rambut. Minyak alami ini diperlukan untuk melembabkan rambut. Memang kelenjar minyak atau produksi minyak di kulit kepala setiap orangnya  berbeda-beda. Ada sebagian orang yang memiliki kadar minyak tinggi ada juga yang sedikit.Ukuran normal disarankan untuk keramas setiap cukup dua atau tiga hari sekali. Hal ini dilakukan Agar rambut tidak mudah rapuh, kusam, kering dan mudah rontok akibat kekurangan minyak pelembab.

4. Jangan menggaruk kulit kepala saat keramas maupun saat terasa gatal dikulit kepala

Jangan menggaruk kulit kepala, cukup di pijat lembut saja. Memang terkadang kita tidak sadar menggaruk kulit kepala kita apalagi kalau gatal. Sebisa mungkin hindari penggarukan kulit kepala karena dkhawatirkan akan membuat kulit kepala iritasi dan bahkan menyebabkan rasa perih. Jika kulit kepala iritasi ini akan mengurangi kelembapan alami rambut yang dihasilkan oleh kulit kepala.

5. Hindari berkeramas dengan air panas

Jangan berkeramas dengan menggunakan air panas, maksudnya air yang hangatnya mendekati panas. Kalaupun anda harus keramas dengan air hangat suhunya jangan terlalu panas dan jangan sering dilakukan. Satu bulan satu kali cukup jika anda ingin menggunakan air hangat. Air yang panas akan membuat rambut menjadi rusak dan tersiksa, yang lebih baik adalah berkeramas dan bilaslah rambut dengan air biasa.

6. Hindari Sisir Yang Giginya Terlalu Rapat

Anda menyisir rambut anda hampir setiap hari. Maka anda harus memperhatikan sisir anda apakah bergigi sangat rapat atau tidak. Menyisir rambut dengan sisir yang bergigi rapat apalagi dalam keadaan rambut masih basah itu akan menyebabkan kerusakan rambut anda. Cobalah menyisir dengan sisir bergigi jarang agar rambut tidak mudah rontok dan rapuh.

7. Hindari mensisir rambut saat basah.

Saat rambut basah jangan sekali kali anda menyisirnya,karena rambut  basah biasanya sedikit rapuh dan mudah rontok. Tak hanya rontok kadar air yang bisa melembabkan rambut juga akan hilang, jadi usahakan jangan menyisir rambut anda saat basah.

8. Jangan sering mengecat rambut.

Jika anda hobi mengecat rambut dengan aneka warna, mulai sekarang kurangi kebiasaan tersebut karena bisa merusak rambut anda dan membuat rambut mudah kering. Namun jika memang dituntut untuk bekerja dengan ganti ganti warna wambut seperti para artis, maka anda bisa mensiasatinya dengan melakukan perawatan rambut menggunakan kondisioner setiap hari.


Ternyata banyak yahh faktor yang menyebabkan rambut menjadi kering , tapi jangan khawatir ternyata banyak cara juga yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya contohnya :

1. Deep treatment

Perawatan ini biasanya dilakukan khusus untuk rambut kering yang mengalami kerusakan parah. Perawatan yang bisa dilakukan adalah:

2. Deep treatment hot oil

Perawatan ini adalah dengan memassagekan minyak yang dipanaskan dengan cara direndam di air panas, atau dipanaskan di atas tungku. Minyak kemudian dimassage terlebih dahulu di area kulit kepala, dengan gerakan memutar, kemudian hingga menyeluruh ke batang rambut. Minyak yang bisa dipakai di antaranya adalah minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond.

3. Masker rambut

Aplikasikan masker rambut setidaknya seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, disarankan untuk memakai air dingin saja, dan menghindari membilas dengan air hangat.

4. Hair Serum

Selalu pakai serum khusus untuk rambut kering seusai keramas. Adapula serum yang biasanya disemprotkan di batang rambut sebelum tidur. Nah, serum jenis ini bisa dipakai daily sampai Anda mendapatkan kembali kelembaban rambut yang diinginkan.

5. Keramas dengan bir

Minuman yang satu ini bisa Anda manfaatkan untuk memberikan kelembaban ganda. Berkeramaslah dengan bir dan diamkan beberapa menit sehingga bir dapat mengembalikan kelembaban serta kelembutan rambut. Aromanya memang kurang sedap, tetapi manfaatnya untuk rambut luar biasa.

6. Daily Treatment

Selain deep treatment, lakukan pula daily treatment seperti:

  • Shampoo khusus rambut kering
Pastikan Anda memilih shampoo khusus untuk jenis rambut kering. Langkah ini cukup penting karena rambut membutuhkan kelembaban yang ganda, yang bisa diperoleh lewat formula shampoo untuk rambut kering.
  • Kondisioner
Selalu pastikan Anda mengaplikasikan kondisioner pada batang rambut seusai berkeramas. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas, sehingga kondisioner dapat meresap ke dalam setiap batang rambut.

7. Vitamin rambut

Berbeda dengan serum, vitamin rambut cenderung lebih ringan formulanya. Nah, Anda bisa memijit bagian batang rambut dengan vitamin ini untuk mendukung dan mencukupi kebutuhan nutrisi rambut.

8. Potong bagian yang bercabang

Potong ujung-ujung rambut yang bercabang dan pecah-pecah, karena pada dasarnya rambut yang sudah terlanjur rusak sulit dipulihkan. Buang saja bagian yang sudah rusak sehingga nutrisi rambut dapat dimaksimalkan pada batang-batang rambut yang akan tumbuh.

Dengan perawatan rutin selama satu bulan, Anda akan merasakan perbedaan kelembaban dan kelembutan pada rambut.

Comments