Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Rambut sehat dan indah adalah impian setiap wanita tetapi sebagian banyak orang pasti sering bermasalah dengan rambutnya, salah satu yang mengganggu adalah rambut rontok, gimana rambut mau panjang dan tebal kalau rambutnya rontok terus, kali ini saya mau ngebahas bagaimana cara mengatasi rambut rontok, yukkk kita mulai

Minyak Panas

Panaskan minyak alami, seperti zaitun, kelapa atau canola. Lalu pijatkan dengan lembut minyak hangat tersebut ke kulit kepala. Tutup kepala dengan shower cap dan biarkan selama satu jam. Kemudian bilas rambut hingga bersih.

Yoghurt

Yoghurt juga dapat mencegah kerontokan. Penggunaan yoghurt secara rutin juga akan mencegah rambut cepat beruban. Caranya, gunakan yoghurt sebagai masker rambut dengan teratur setiap dua minggu sekali. Dan hasilnya, rambut akan semakin bercahaya.

Alpukat

Alpukat Buah alpukat bermanfaat untuk mengatasi rambut kering dan rambut rontok. Caranya dengan menghancurkan buah alpukat terlebih dahulu dalam sebuah mangkok, setelah itu aduk secara perlahan-lahan hingga menjadi sebuah pasta kental. Kemudian usap pada rambut dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama 20 menit, dan bilas dengan air bersih dan shampoo

Lidah Buaya

Lidah Buaya atau disebut aloevera memiliki kandungan vitamin dan mineral, Yang berguna untuk menyuburkan dan menebalkan rambut. Untuk pemakaiannya, Anda bisa mengambil lidah buaya, potong menjadi dua bagian untuk diambil lendirnya. Usapkan pada rambut yang masih setengah kering sambil dipijit-pijit. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Cuka Apel

Kandungan alpha-hidroxy acids mampu membantu membersihkan residu dari polusi dan kotoran. Sehingga rambut menjadi lembut dan bersinar. Campur setengah cangkir cuka apel dengan seperempat cangkir air. Gunakanlah campuran tersebut untuk membilas rambut pada saat keramas.

Teh hijau (green tea)

Teh hijau (green tea) mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi rambut dari paparan polusi. Teh melati bermanfaat untuk meningkatkan kilau rambut. Teh rasa mint bermanfaat untuk menyejukkan kulit kepala serta menghilangkan lemak dan ketombe serta mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Caranya cukup dengan menyeduh teh dengan menggunakan air panas, lalu endapkan selama semalaman. Air teh yang sudah basi tersebut, digosok-gosokkan ke kulit kepala. Lakukan sesaat sebelum keramas.

Kemiri

Kemiri dapat memperbaiki dan memperkuat rambut. Kandungan minyak di dalam kemiri, sangat baik bagi akar rambut. Caranya, kemiri ditumbuk kasar, lalu disangrai. Setelah itu, tumbuk hingga halus sampai keluar minyak. Gunakan minyak kemiri untuk creambath, lakukan sebelum keramas, lalu bilas dengan air bersih baru gunakan sampo untuk keramas.

Daun Seledri

Seledri memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk rambut diantaranya kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B. Seledri mampu menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, kuat dan berkilau. Caranya, ambil beberapa batang seledri kemudian bersihkan dan di blender dengan telur yang sudah dikocok. Setelah semua tercampur rata, oleskan secara perlahan pada rambut sambil dijipit lembut. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas. (sumber)

Jahe

Tanaman yang memiliki rasa alami pedas ini mengandung senyawa keto yang disebut Zingeron. Adapun khasiat Zingeron ini adalah dapat menyembuhkan beberapa penyakit ringan seperti flu, sariawan, juga mengatasi rambut rontok. Berbeda dengan madu yang digunakan seperti shampoo, jahe tidak harus diramu terlebih dahulu melalui olahan. Caranya Siapkan satu potong jahe kemudian Kupaslah dan lumatkan seperti ketika ingin dimasak lalu Gosok – gosokkan potongan jahe tersebut pada bagian kepala yang mengalami kerontokan atau kebotakan dan Lakukan agak lama agar jahe dapat menstimulasi sel – sel rambut dan menyehatkan kulit kepala , Langkah terakhir, bilaslah kepala hingga bersih boleh menggunakan air hangat ataupun dingin.

Bawang Merah

Khasiat untuk mencegah rambut rontok. Caranya , cukup dengan makan bawang merah tersebut. Atau makan bawang merah yang sudah jadi acar. Ini membantu agar rambut tidak cepat rontok. Terkadang kita tidak kuat makan bawang merah karena baunya, hal ini bisa dihindari dengan mengolesi kulit kepala dengan perasan bawang merah pada malam harinya. Kemudian pada pagi hari, bilas rambut dengan menggunakan sampo.

Telur

Telur digunakan sebagai conditioner rambut. Kandungan proteinnya yang tinggi mambantu menambah kilau rambut. Tetapi bau amis telur terkadang membuat banyak orang yang enggan untuk menggunakannya. Ada cara untuk menghilangkan bau amis pada telur, yaitu dengan menggunakan tetesan perasan jeruk lemon ke dalam telur yang sudah dikocok. Kemudian dioleskan ke rambut sebagai masker.

Minyak Kelapa

Kandungan antioksidan mampu melembutkan rambut yang kering dan kutikula yang rusak sehingga rambut menjadi bersinar. Caranya, hangatkan tiga sendok makan minyak kelapa dan sikatkan rambut dengan lembut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Kemudian bungkus rambut dengan menggunakan handuk panas selama 30 menit. Lalu keramas dengan sampo dan bilas rambut dengan air bersih.