Ciri-Ciri Istri Shalihah Menurut Islam Penting Untuk Dibaca

Ciri-Ciri Istri Shalihah Menurut Islam

Ciri-ciri perempuan muslimah yang akan menjadi istri yang teramat istimewa adalah apa yang digambarkan dalam perkataan Ummu Iyas dalam kumpulan nasihat dan wasiat untuk putrinya sebelum naik ke kursi pelaminan. Pada saat itu, Ummu Iyas berkata: "Wahai putriku, seandainya seorang perempuan tidak mau menikah hanya karena keluarganya kaya, niscaya kamu akan menjadi orang yang paling berkecukupan. Akan tetapi, perempuan telah ditakdirkan untuk mendampingi lakilaki. Dan begitu pula laki-laki telah diciptakan untuk mengayomi perempuan. Oleh karena itu, wahai putriku jagalah baik-baik sepuluh nasihat yang akan menjadikanmu sekuntum bunga yang mekar.

  1. Yang pertama dan kedua: Perlakukanlah suamimu dengan ikhlas sampai ia merasa puas. Dengarkanlah ucapannya dan taatlah kamu kepadanya.
  2. Yang ketiga dan keempat: Jagalah penciuman dan pandangannya. Jangan sampai engkau membiarkannya melihat hal-hal yang tidak menyenangkan darimu. Dan jangan sampai ia mencium bau yang tidak sedap darimu.
  3. Adapun yang kelima dan keenam: Jagalah suamimu agar terlelap dalam tidur dan perhatikanlah waktu makannya karena orang yang kelaparan biasanya cepat terbakar emosinya, sedangkan kurang tidur akan menyulut kemarahannya.
  4. Yang ketujuh dan kedelapan: Jagalah harta dan keluarganya dengan baik.
  5. Yang kesembilan dan kesepuluh: Berhati-hatilah! Jangan sampai engkau melalaikan perintahnya atau menyebarkan rahasianya. Seandainya engkau membantah maka engkau telah menanamkan dendam di dalam hatinya. Dan seandainya engkau menyebarkan rahasianya, maka suatu saat engkau tidak akan selamat dari pembalasannya. Aku hanya menasihatkan kepadamu, janganlah engkau bergembira ketika suamimu sedang dalam kesedihan. Dan sebaliknya, janganlah engkau bersedih ketika suamimu tengah bergembira."